Asesmen

Gender Equality Assessment, Results, Strategies (GEARS)

Alat dianostik bagi perusahaan untuk membuka kunci kesetaraan gender di tempat kerja.

GEARS (Gender Equality Assessment, Results, Strategies) dikembangkan sebagai sumber daya bagi perusahaan untuk memahami kesenjangan, peluang, dan kekuatan dari strategi perusahaan saat ini terkait kesetaraan gender di tempat kerja.

  • GEARS merupakan langkah awal dalam perjalanan kesetaraan gender di tempat kerja - Sebuah penilaian yang memberikan wawasan yang akan membantu pengembangan strategi kesetaraan gender di tempat kerja secara menyeluruh.
  • Analisis ini akan memungkinkan perusahaan untuk merefleksikan kesetaraan gender dan pengembangan kapasitas pekerja di seluruh organisasi.
  • Penilaian terhadap kebijakan dan implementasi perusahaan dibandingkan dengan praktik terbaik.
  • Melakukan validasi kebijakan, strategi, dan implementasi melalui survei persepsi pekerja.

10 Area Fokus

  • Penyelarasan strategi antara kesetaraan gender dan prioritas bisnis
  • Kepemimpinan dan akuntabilitas
  • Kesetaraan upah gender
  • Komposisi gender dalam angkatan kerja
  • Pengarusutamaan kerja fleksibel untuk kinerja dan dukungan
  • Pencegahan dan penanggulangan pelecehan dan diskriminasi berbasis gender, pelecehan seksual, kekerasan dalam rumah tangga
  • Pengembangan profesional, mentoring, sponsorship.
  • Rekrutmen, seleksi, dan promosi
  • Manajemen bakat dan perencanaan suksesi
  • Pelatihan kesetaraan gender di tempat kerja
  • Andrie Darusman
    Dari penilaian GEARS, kami belajar bahwa memberikan kesempatan setara gender saja tidaklah cukup. Kita perlu lebih memahami perbedaan kebutuhan perempuan dan laki-laki agar mereka dapat mencapai kinerja terbaiknya. Kini menjadi semangat kami untuk diakui sebagai perusahaan yang setara gender.
    Andrie Darusman
    Executive Vice President, Communication & Head of DAYA, PT Bank BTPN Tbk
  • Melanie Masriel
    L’Oréal Indonesia menjadi salah satu perusahaan yang mengikuti penilaian GEARS. Dari segi hasil, ada 10 area fokus dalam penilaian ini, dan kami senang mengetahui bahwa kami mencapai nilai sempurna di 5 area fokus. Berkat penilaian ini, kini kami mengetahui area fokus mana yang perlu ditingkatkan.
    Melanie Masriel
    Communications, Public Affairs and Sustainability Directors, L’Oréal Indonesia
  • Risa Effennita Rustam
    Hasil GEARS menunjukkan bahwa BEI telah menerapkan program kesetaraan gender di tempat kerja dalam hal kebijakan terkait SDM seperti perekrutan, pelatihan, karier, pengembangan, dan gaji. Kami senang bahwa kami berada di jalur yang benar.
    Risa Effennita Rustam
    Director of Finance and Human Resources, Indonesia Stock Exchange

Survei Persepsi Pekerja

Memberikan wawasan mendalam mengenai inklusivitas budaya perusahaan Anda.

Survei ini bukan hanya sekedar persepsi pekerja tetapi melibatkan kuantifikasi kemajuan Kesetaraan Gender di Tempat Kerja Anda, memberikan gambaran jelas tentang kondisi saat ini. Survei ini menilai jalur ke depan, membimbing organisasi Anda melalui perjalanan menuju kesetaraan yang lebih baik. 

Survei Persepsi Pekerja kami adalah kunci Anda untuk:

  • Menentukan area di mana perusahaan Anda unggul dan area yang perlu ditingkatkan untuk menuju Kesetaraan Gender di Tempat Kerja.
  • Mengevaluasi kesiapan proses, kebijakan, dan program kesetaraan gender Anda.
  • Memanfaatkan perspektif dan umpan balik dari pekerja Anda yang sangat berharga.
  • Menemukan area di mana organisasi Anda dapat tumbuh dan berkembang.
  • Mendorong Perubahan: Akses taktik WGE yang dapat mendorong organisasi Anda menuju kedewasaan yang lebih baik.