Mendorong Kesetaraan Gender di dunia kerja atau secara lebih populernya kami sebut “Perempuan di dunia kerja” merupakan salah satu program IBCWE dalam upaya mewujudkan misi kesetaraan gender.

Tujuan dari program ini adalah: Mengajak dan mendukung perusahaan-perusahaan di Indonesia untuk mencapai standard kebijakan dan pelaksanaan usaha yang mendukung kesetaraan gender yang baik, termasuk dalam pembuatan keputusan kemitraan bisnis dan pengadaan barang dan jasa. Untuk mendukung tercapainya tujuan tersebut IBCWE akan turut aktif berupaya mempengaruhi juga norma di tingkat perusahaan dan masyarakat yang mempengaruhi kesetaraan gender pada umumnya dan partisipasi perempuan dalam angkatan kerja pada khususnya.

IBCWE telah mendisain sejumlah kegiatan untuk mencapai tujuan program:

1. Program Sertifikasi EDGE

IBCWE bekerja sama dengan EDGE Strategy untuk melaksanakan program sertifikasi di bidang gender equality. EDGE atau Economic Dividends for Gender Equality merupakan sebuah program sertifikasi yang sudah diakui secara global untuk mengukur sejauh mana kesetaraan gender telah diterapkan dalam perusahaan dan bidang apa saja yang perlu dipertajam untuk mencapai tujuan.

IBCWE akan membantu proses persiapan sertifikasi, penentuan peta jalan (roadmap) untuk mencapai target-target perbaikan kebijakan dan praktek perusahaan menuju kesetaraan gender yang lebih baik, serta melakukan proses pemantauan dan dukungan teknis bagi anggota yang menjalankan program sertifikasi EDGE.

 Untuk mengetahui lebih lanjut tentang EDGE, silahkan lihat disini

 2. Peningkatan Kapasitas bagi Perempuan Pemimpin

IBCWE mengadakan berbagai event diskusi dan pelatihan yang bertujuan untuk memberikan bekal baik teknikal mapun soft skills kepada para perempuan-perempuan yang berpotensi dan berambisi untuk menjadi pemimpin perusahaan (female talents).

 3. Kampanye dan Advokasi

Norma dan budaya yang ada di masyarakat mempengaruhi norma dan budaya yang ada di dunia usaha dan perusahaan. Oleh karena itu IBCWE juga melakukan kegiatan-kegiatan yang berupaya mempengaruhi ke arah kesetaraan gender yang lebih baik. Kampanye-kampanye kami akan mengedepankan contoh-contoh baik dan profil gender champions atau perempuan dan laki-laki yang dapat dijadikan contoh meredefinisi pembagian peran berdasarkan gender.

IBCWE juga akan melakukan kegiatan-kegiatan advokasi berupa diskusi kebijakan yang mendukung kesetaraan gender.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang kampanye and advokasi IBCWE, silahkan lihat di bagian Kampanye di website kami.

4. Forum berbagi pengetahuan

IBCWE mengeluarkan produk-produk riset dan komunikasi yang bertujuan untuk memberikan perspektif dan data baru atau alternatif seputar isu kesetaraan gender, terutama terkait partisipasi perempuan di tempat atau angkatan kerja. IBCWE juga menyebarkan cerita dan ide-ide yang bisa menginspirasi perusahaan dan pekerja perempuan serta masyarakat umumnya untuk lebih mendukung kesetaraan gender.