Accenture Luncurkan #EqualityDrivesInnovation
Accenture Luncurkan #EqualityDrivesInnovation

Accenture meluncurkan riset #EqualityDrivesInnovation dalam rangka memperingati Hari Perempuan Internasional (IWD) 2019. Riset dilakukan dengan melibatkan 18.000 responden dari 27 negara, termasuk 700 responden Indonesia. Tema penelitian memfokuskan pada dampak budaya terhadap lingkungan kerja, yang mendorong pada perkembangan dan kemampuan inovasi perusahaan. 

Hasil riset menunjukkan bahwa masyarakat Indonesia telah memiliki kesadaran akan pentingnya inovasi dalam memajukan perusahaan mereka. Riset Accenture mengungkap bahwa di Indonesia, budaya kesetaraan mampu meningkatkan innovation mindset hingga tiga kali lipat. Temuan ini mendorong Accenture untuk menegaskan pentingnya budaya kesetaraan, sebagai kunci penting menggerakkan innovation mindset perusahaan. Jika setiap negara meningkatkan innovation mindset hingga 10%, produk domestik bruto global dapat meningkat hingga mencapai $8 triliun pada tahun 2028.

Debby Alishinta selaku Managing Director Women in Accenture Sponsor di Indonesia menilai, Riset Accenture #EqualityDrivesInnovation menunjukkan bahwa budaya kesetaraan menjadi pendorong utama pola pikir inovatif yang memiliki dampak signifikan bagi kemajuan suatu perusahaan. Menurutnya, budaya kesetaraan memegang peranan jauh lebih siginifikan dibandingkan faktor geografis, demografis, atau sektor perusahaan.

Karyawan menunjukkan pola pikir inovatif lebih kuat pada lingkungan kerja dengan budaya kesetaraan yang lebih baik.

Hasil riset #EqualityDrivesInnovation menunjukkan bahwa Indonesia sudah merangkul diversitas atau perbedaan budaya dibandingkan negara-negara lainnya. Meski keberagaman berpengaruh secara signifikan, namun budaya kesetaraan adalah pengganda penting yang membantu perusahaan memaksimalkan inovasinya.

Dalam upayanya memperkuat temuan riset ini, Accenture Indonesia juga menyelenggarakan Focus Group Discussion (FGD) bersama Femina dan IBCWE. Menurut Executive Director IBCWE, Maya Juwita, kesetaraan gender dalam dunia kerja akan memberikan kesempatan lebih banyak bagi perempuan Indonesia untuk menduduki posisi strategis dan membangun situasi kerja yang memberikan keberanian bagi seluruh karyawan, untuk berinovasi lebih tanpa takut mencoba atau takut gagal.