EDGE adalah metodologi asesmen global terkemuka dan standar sertifikasi bisnis untuk kesetaraan gender. Sertifikasi EDGE dirancang untuk membantu organisasi menciptakan tidak hanya tempat kerja yang optimal bagi perempuan dan laki-laki, tetapi juga meraih manfaat dari hal tersebut.

EDGE mengacu pada Economic Dividends for Gender Equality dan memiliki keutamaan dengan keakuratan dan fokus pada dampak bisnis. Metodologinya memakai pendekatan bisnis ketimbang teoritis yang memadukan perbandingan standar, alat ukur, dan akuntabilitas dalam proses. EDGE mengukur kebijakan, praktik, dan angka melalui lima bidang berbeda yang terdiri dari analisa terhadap: kesetaraan penghasilan untuk pekerjaan yang setara, perekrutan dan promosi, pelatihan pengembangan kepemimpinan dan mentoring, fleksibilitas waktu kerja dan budaya perusahaan.

Sebagai asesor pihak ketiga yang independen , metodologi EDGE menjamin integritas evaluasi dan sertifikasi yang hanya diberikan setelah auditor independen telah menyatakan keakuratan informasi.

Sampai saat ini EDGE telah bekerja sama dengan lebih dari 150 organisasi di 40 negara dan 22 industri. Metode asesmen EDGE dikembangkan oleh EDGE Certified Foundation dan dirilis pada World Economic Forum 2011.